Syarat dan Ketentuan
Gomuda Affiliate

A. Pendahuluan

Gomuda Affiliate merupakan program kemitraan atau “Program Afiliasi” yang terbuka bagi siapa saja yang berminat untuk berafiliasi dengan Gomuda, dan memenuhi syarat hukum serta memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan, dari waktu ke waktu oleh Gomuda, termasuk tetapi tidak terbatas pada Syarat dan Ketentuan Gomuda Affiliate ini.

Gomuda Affiliate memberikan kesempatan pada Affiliate untuk mendapatkan imbalan jasa dari Gomuda dengan mempromosikan dan memperkenalkan produk-produk Gomuda kepada pengikut sosmed/audience Affiliate.

Dengan mendaftar sebagai Affiliate, maka Affiliate dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan Gomuda Affiliate. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang sah antara Gomuda dan Affiliate.

Jika Affiliate tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Affiliate tidak diperkenankan mengikuti program ini. Seluruh syarat dan ketentuan yang diuraikan dalam Syarat dan Ketentuan Gomuda Affiliate ini dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan dari Gomuda.

B. Produk

Produk yang dapat dipasarkan, dipromosikan dan diperkenalkan dalam Gomuda Affiliate adalah situs web Gomuda, yaitu produk yang disediakan oleh Gomuda melalui situs web Gomuda dengan alamat https://gomuda.com

C. Affiliate

Affiliate adalah Pihak yang memasarkan, mempromosikan dan memperkenalkan situs web Gomuda kepada followers/audience-nya dengan pemberian komisi atas jasanya, baik perusahaan berbadan hukum, badan usaha, atau pribadi perseorangan, baik yang berada di dalam wilayah negara Indonesia maupun di wilayah luar negara Indonesia.

Afiliasi berbentuk perusahaan badan hukum/usaha, wajib melampirkan:

  1. Nomor Induk Berusaha (NIB);
  2. Tanda Daftar Perusahaan (TDP);
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Surat Keterangan Non Pengusaha Kena Pajak (PKP) atau Surat Pengukuhan PKP;
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari salah satu Direksi/Pengurus
  5. Surat Kuasa dari Direksi beserta Kartu Tanda Penduduk (KTP) Penerima Kuasa (Jika dikuasakan)

 

Afiliasi berbentuk pribadi perseorangan, wajib melampirkan:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Gomuda berhak sewaktu-waktu meminta persyaratan dan/atau dokumen legalitas lainnya dan berhak membekukan dan/atau mengakhiri kerja sama apabila pihak Affiliate tidak memenuhi permintaan dari Gomuda.

D. Batasan Tanggung Jawab Gomuda

Gomuda tidak bertanggung jawab atas kerugian yang ditanggung Affiliate yang merupakan akibat dari pelanggaran kewajiban Affiliate, baik yang diakibatkan dari kelalaian maupun yang tidak, dan pelanggaran tersebut bersifat material dalam tercapainya kewajiban Affiliate.

Dalam hal Gomuda melakukan pelanggaran kewajiban, baik yang diakibatkan dari kelalaian maupun yang tidak, dan pelanggaran tersebut bersifat material dalam tercapainya kewajiban Gomuda, tanggung jawab Gomuda tidak melebihi dari total komisi yang dapat dibayarkan pada Affiliate.

Pembatasan atas tanggung jawab tersebut berlaku bagi pribadi karyawan yang menjadi perwakilan dan pihak manajemen Gomuda.

E. Imbalan Jasa

Affiliate akan mendapatkan Imbalan Jasa atau Komisi atas pembayaran produk Gomuda yang telah dikonfirmasi dari setiap pembeli yang sah. Imbalan Jasa atau Komisi dan Ketentuan Imbalan Jasa atau Komisi sebagaimana diatur pada struktur komisi berikut.

Struktur komisi yang telah disepakati untuk Affiliate adalah sebagai berikut: 

Produk Komisi Keterangan
Gomuda Sweater 10% Dari total pembayaran produk setelah diskon yang dibayarkan oleh Pembeli
nodsurf Apparel 10% Dari total pembayaran produk setelah diskon yang dibayarkan oleh Pembeli

* Affiliate akan mendapatkan Imbalan Jasa atau Komisi atas pembelian produk yang telah dikonfirmasi dari setiap pembeli yang sah.
** Komisi di atas belum termasuk PPn 11%.
*** Komisi akan dipotong terlebih dahulu dengan Pajak Penghasilan sebesar 2% atau Pajak lain yang sesuai dengan kondisi Perpajakan berdasarkan Peraturan Pemerintah.

F. Pembayaran Imbalan Jasa atau Komisi

Tata Cara Pembayaran Imbalan Jasa atau Komisi adalah sebagai berikut:

  1. Tanggal cut off transaksi untuk keperluan rekapitulasi adalah tanggal terakhir pada setiap bulannya.
  2. Affiliate akan memberikan laporan rekapitulasi penggunaan bulan sebelumnya selambat-lambatnya pada hari ke-7 (tujuh) kalender di bulan berikutnya.
  3. Atas laporan rekapitulasi yang diberikan oleh Affiliate, maka Gomuda berhak untuk melakukan peninjauan dan memeriksa kebenaran dari rekapitulasi yang telah diberikan dan memberikan konfirmasi atas tagihan dalam waktu 5 (lima) hari kerja. Apabila Gomuda tidak memberikan konfirmasi akan kebenaran tagihan yang diberikan dalam jangka waktu yang ditentukan, maka masing-masing Pihak dianggap menyetujui tagihan yang telah diberikan dan akan dilanjutkan pada proses penerbitan Invoice.
  4. Pembayaran Imbalan Jasa atau Komisi wajib dilakukan paling lambat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya invoice dan faktur pajak secara lengkap dan benar oleh Gomuda.
  5. Kecuali ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini, semua jenis pajak, biaya ataupun pungutan lainnya, baik yang ada saat ini maupun yang ada di kemudian hari, yang wajib dibayarkan ke pemerintah yang berkaitan dengan transaksi berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, wajib ditanggung oleh Para Pihak sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Jika diperlukan, Para Pihak setuju untuk saling memberikan dokumen yang berkaitan dengan pembayaran Pajak sehubungan Syarat dan Ketentuan ini.


Pembayaran Imbalan Jasa atau Komisi kepada Affiliate dilakukan dengan cara pemindahbukuan ke rekening bank yang telah disertakan oleh Affiliate pada formulir pendaftaran.

G. Jangka Waktu, Perubahan dan Pemutusan

Jangka waktu Syarat dan Ketentuan ini disesuaikan dengan durasi keanggotaan Affiliate dalam Program Gomuda Affiliate, yaitu selama Affiliate aktif mempromosikan dan memasarkan Produk Gomuda.

Jika Syarat dan Ketentuan ini telah selesai, Affiliate harus menghapus segala informasi dan materi promosi dan pemasaran yang pernah dikirimkan oleh Gomuda dan disimpan olehnya, tanpa diminta oleh Gomuda. Affiliate tidak berhak untuk menyimpan segala informasi dan materi promosi dan pemasaran tersebut, sehingga jika Gomuda meminta Affiliate atas hal tersebut, Affiliate harus dengan segera memberikan konfirmasi penghapusan.

Gomuda memiliki hak untuk mengubah skema komisi dengan adanya pemberitahuan kepada Affiliate melalui email, atas dasar e-mail yang didaftarkan dalam Program Gomuda Affiliate. Pengumuman berkaitan dengan hal ini akan diberitahukan dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender sebelum adanya perubahan. Gomuda tidak bertanggung jawab apabila berita tersebut tidak diterima oleh Affiliate. Jika Affiliate tidak menyetujui perubahan yang ada, Syarat dan Ketentuan Gomuda Affiliate di antara Gomuda dan Affiliate dapat diakhiri.

Syarat dan Ketentuan berhak diubah oleh Gomuda sewaktu-waktu dengan adanya pemberitahuan kepada Affiliate melalui e-mail terdaftar. Jika Affiliate tidak setuju atas perubahan tersebut, ia berhak untuk memberitahukan kepada Gomuda mengenai hal tersebut dalam kurun 7 (tujuh) hari kalender setelah menerima pengumuman perubahan. Jika Affiliate tidak melakukan aksi atas perubahan yang ada, Affiliate dianggap menerima dan bersedia untuk menjalankan Syarat dan Ketentuan yang baru.

Berakhirnya Syarat dan Ketentuan ini berdasarkan kondisi berikut:

  1. Gomuda dan Affiliate telah sepakat untuk menyelesaikan kerja sama ini.
  2. Tidak adanya keterlibatan afiliasi atas trafik selama 6 (enam) bulan Affiliate berhak untuk memutus Syarat dan Ketentuan secara sepihak sewaktu-waktu dengan memberikan pemberitahuan 14 (empat belas) hari sebelumnya kepada Affiliate.
  3. Gomuda berhak mengakhiri Syarat dan Ketentuan tanpa ada pengumuman, apabila Affiliate melakukan pelanggaran dan tidak menjalankan kewajiban atas Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Gomuda berhak untuk melakukan penyelidikan jika ada dugaan kecurangan (fraud) yang dilakukan Affiliate dalam kurun waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak tanggal ditemukannya kejanggalan tersebut. Setelah penyelidikan tersebut selesai dilakukan oleh Gomuda, Gomuda akan memutuskan apakah Syarat dan Ketentuan akan tetap berjalan atau akan dihentikan tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Segala bentuk kerugian yang dihasilkan atas penyelidikan, kecurangan, dan/atau kerusakan terkait wajib diganti oleh Affiliate dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender sejak tanggal diminta oleh Gomuda.
  5. Ketentuan lainnya yang diatur dalam undang-undang dan Syarat dan Ketentuan ini.


Affiliate dapat menyampaikan pemberitahuan penghentian kerja sama melalui [email protected].

Pembayaran atas Imbalan Jasa atau Komisi akan dihitung sampai tanggal pemberitahuan pemutusan kerja sama.

Gomuda berhak menahan Komisi yang belum dibayarkan selama periode yang wajar setelah pemutusan untuk memastikan nominal yang sesuai untuk dibayarkan kepada Affiliate, seperti apakah berlaku chargeback atau tidak.

Dengan berakhirnya Syarat dan Ketentuan kerja sama ini, segala hak dan kewajiban akan dihapuskan, kecuali untuk hal yang secara tegas dinyatakan tetap berlaku setelah berakhirnya Syarat dan Ketentuan.

H. Hak Kekayaan Intelektual

Seluruh informasi, termasuk tetapi tidak terbatas pada informasi/data perusahaan, data pengguna/pembeli dan data transaksi (jumlah dan besarannya) yang terkait maupun tidak terkait dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini, merek, logo, serta teknologi yang dibuat oleh Gomuda merupakan hak dan milik Gomuda, baik selama Jangka Waktu maupun setelah Syarat dan Ketentuan ini berakhir.

Tidak ada ketentuan di dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dimaksudkan untuk memberikan hak berupa hak paten, rahasia dagang, merek dagang, desain produk dan/atau Hak atas Kekayaan Intelektual lainnya milik Gomuda.

Kecuali ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan, tidak ada satupun ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dapat ditafsirkan sebagai pemberian hak untuk menggunakan atau pemberian lisensi oleh salah satu Pihak kepada Pihak lainnya untuk menggunakan HKI tersebut.

I. Kerahasiaan

Semua informasi yang diketahui Affiliate mengenai pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini dianggap sebagai “Informasi Rahasia Gomuda”. Affiliate tidak boleh menyebarluaskan segala informasi rahasia kepada siapapun, kecuali hal tersebut menjadi kewajiban atas hukum yang berlaku dan/atau Gomuda telah memberikan persetujuan mengenai penyebarluasan informasi tersebut.

Kewajiban menjaga Informasi Rahasia Gomuda tetap berlaku, meskipun Syarat dan Ketentuan telah berakhir, untuk waktu yang tidak terbatas.

J. Hukum Yang Mengatur Penyelesaian Sengketa

Syarat dan Ketentuan ini dan pelaksanaannya tunduk dan ditafsirkan menurut hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.

Apabila timbul perselisihan atau perbedaan (“Perselisihan”) sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini, Para Pihak akan mencoba, dalam periode 30 (tiga puluh) hari kalender setelah penerimaan pemberitahuan dari salah satu Pihak mengenai timbulnya Perselisihan kepada Pihak lainnya, untuk menyelesaikan Perselisihan tersebut pertama-tama dengan musyawarah untuk mencapai kata mufakat antara Para Pihak.

Apabila Perselisihan tersebut tidak dapat diselesaikan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender secara musyawarah untuk mufakat sebagaimana dimaksud dalam ayat 2 Pasal ini, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Tangerang. Para Pihak setuju untuk menanggung secara pribadi semua biaya perselisihan masing-masing pihak.

K. Pemberitahuan

Seluruh pemberitahuan, permintaan atau komunikasi lain yang diperlukan atau boleh diberikan atau dibuat berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini akan dilakukan secara tertulis dan disampaikan secara langsung, melalui kurir atau lewat pos berbayar dengan catatan pengiriman dan diberi tanda agar dikenali oleh Pihak yang dituju (apabila dimungkinkan), atau Pihak yang ditunjuk atau Pihak lain untuk keperluan Syarat dan Ketentuan ini atau ke alamat atau email dan diberi tanda agar diketahui oleh pihak tersebut.

Apabila kepada Gomuda, Affiliate akan mengirimkan pemberitahuan ke alamat atau email berikut.

PT Global Muda Berkah
Perumahan Taman Mutiara Blok E5 No. 1A Karangmekar, Cimahi Tengah, Kota Cimahi 40522
[email protected]

Apabila kepada Affiliate, Gomuda akan mengirimkan pemberitahuan ke alamat atau email Affiliate yang terdaftar pada saat pendaftaran Program Gomuda Affiliate.

Seluruh pemberitahuan, permintaan atau komunikasi yang diserahkan langsung, melalui kurir dengan catatan pengiriman atau lewat pos akan dianggap telah diberikan:

  1. apabila dikirimkan secara langsung atau melalui kurir, maka pada saat dikirimkan;
  2. apabila dikirim melalui pos, di hari kerja kedua setelah tanggal pengiriman (apabila dikirim oleh pos lokal) atau di hari kerja ketujuh setelah tanggal pengiriman (apabila dikirim lewat pos udara);
  3. apabila dikirim melalui email, pada saat email terkirim dan tidak ada notifikasi pesan gagal terkirim.

L. Lain-lain

Seluruh judul dalam Syarat dan Ketentuan ini adalah semata untuk memudahkan dan tidak dapat memengaruhi atau digunakan sebagai dasar interpretasi dari Syarat dan Ketentuan ini.
Tidak terdapat ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang menyatakan atau ditafsirkan untuk membentuk suatu hubungan agensi, persekutuan, hubungan afiliasi atau subsider, joint venture atau hubungan kerja antara Para Pihak, dan Para Pihak (i) secara tegas menyangkal hubungan tersebut, (ii) sepakat bahwa masing-masing Pihak bertindak secara sendiri-sendiri sebagai penyedia jasa independen, dan (iii) sepakat bahwa masing-masing Pihak tidak memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap Pihak lainnya atau tugas lain yang tidak disebutkan secara tegas dalam Syarat dan Ketentuan ini.

Dalam hal salah satu persyaratan atau ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini dinyatakan batal berdasarkan suatu peraturan perundang-undangan, maka pernyataan batal tersebut tidak mengurangi keabsahan atau menyebabkan batalnya persyaratan atau ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini, dan oleh karenanya dalam hal demikian, persyaratan dan ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini tetap sah dan mempunyai kekuatan yang mengikat bagi Para Pihak.

Syarat dan Ketentuan serta segala lampirannya (apabila ada) mewakili seluruh kesepakatan di antara Para Pihak yang berkepentingan dan membatalkan serta sebagai pengganti semua komunikasi lisan maupun tertulis yang diadakan sebelumnya antara Para Pihak yang berhubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini.

Updating…
  • No products in the cart.